15.4.10

Berjuang Demi Perubahan

Pulang kerja ada info meeting PUK(Pimpinan Unit Kerja) setingkat perusahaan.Membahas maslah Kenaikan Upah Berkala yang sampai dgn saat ini masih belum ada kesepakatan. Sebagai infoprmasi bahwa sebelum-sebelumnya sebelum tgl 15 April biasanya perundingan sudah mencapai kata sepakat. Tapi entah kenapa untk perundingan kali ini masih belum juga menemui kata sepakat. Pertanyaannya adalah kenapa itu bisa terjadi???
Semenjak pergantian pemimpin PUK memang saya perhatikan dan amati banyak terjadi kemunduran2 yg menurut pendapat saya adalah kemunduran dihal-hal yg sangat mendasar. Akan tetapi juga ada juga sih kemajuan2 yg dicapai salah satunya adalah terciptanya hubungan komunikasi yg cukup baik antara PUK dan menejemen.
Seprti kita ketahui bersama bahwa doktrin organisasi sosial bertumpu pada kekuatan massa, ini tidak bisa kita pungkiri. Kita lihat sejarah yang pernah terjadi dimasa lalu, Peundingan KMB tidak akan terjadi kalau para pejuang kita tidak melakukan penyerangan terhadap kota Yogyakarta. Berkat penyerangan yg dilakukan oleh para pejuang akhirnya secara terpaksa pihak Belanda mau melakukan perundingan tersebut. Revolusi China dimana ribuan mahasiswa memenuhi lapangan tiananmen melakukan unjuk rasa secara besar2an yang akhirnya berhasil menumbangkan rezim yg berkuasa pada waktu itu. Begitupun yang terjadi pada 1998 dimana mahasiswa melukan demonstrasi secara serempak diseluruh wilayah JABODETABEK yang berakhir ricuh namun pada akhirnya berhasil meruntuhkan arogansi rezim suharto. Dan tentu masih banyak lagi contoh2 yg tidak bisa kita sebutkan satu-persatu. Yang pada initnya dari contoh2 diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa utk melakukan perubahan itu harus didukung oleh pergerakan2 yang bersifat pengerahan masa dari semua lapisan masyarakat.
Begitu pula yang mestinya dilakukan oleh organisai serikat burh yang ada ditempat saya bekerja. Hal yang harus pertama kali PUK lakukan pada saat terjadinya deadlook dalam perundinagn yg pada akhirnya menyebabkan berlarut-larut tanpa ada kejelasan kapan akan selesai adalah menkonsolidasikan semua pengurus dan korlap yang ada utk menyamakan visi secara matang dan ditularkan kepada seluruh anggota sesegera mungkin. Entah apapun pergerakan yg akan dilakukan bisa saja berbentuk presure berupa sikap atau tindakan seluruh anggota seperti memakai pita hitam diikat dikepala, atau secara beramai-ramai pergi kemenjemen perusahaan utk menanyakan progress prundingan KUB yng sampai berlarut-larut tanpa ada hasil yg jelas atau masih banyak lagi pergerakan2 yg bisa kita lakukan selain yg sudah saya sebutkan tadi, yang apda intinya memberikan tekanan kepada pihak menejemen agar sesegera mungkin menyelesaikan perundingan tentu saja dengan hasil yg memuaskan semua pihak.
Ayo majulah buruh Indonesia, anda ini ada didalam negeri sendiri, masa mesti banyak berpikir utk melukan perubahan2 demi memperbaiki nasib kita dan nasib anak cucu kita dimasa yg akan datang. Bergeraklah buruh Indonesia, tunjukan pada dunia bahwa buruh indonesia bukan golongan masyarakat kelas 2 akan tetapi buruh Indonesia adalah masyarakat yg cerdas yang bisa memberikan andil bagi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.
Perubahan tidak akan terjadi terhadap suatu kaum sebelum kaum itu berusaha utk merubahnya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar